Daftar 30 Anggota DPRD Kota Ternate Terpilih Pemilu 2024

KPU dan saksi foto bersama usai menerima form D.Hasil KABKO. Foto; Falakata

FALAKATA – Perebutan 30 kursi DPRD Kota Ternate pada Pemilu 2024 akhirnya sudah bisa diketahui setelah KPU Kota Ternate mengesahkan hasil pleno tingkat kota, pada Senin (4/3/2024) malam WIT.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi suara partai politik (parpol) dan suara calon legislatif (caleg) yang dilakukan KPU Kota Ternate, kursi DPRD Kota Ternate didominasi 4 parpol yang masing-masing mendapatkan 4 kursi.

4 parpol tersebut di antaranya Partai NasDem, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kemudian ada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Demokrat yang sama-sama memperoleh 3 kursi.

Sementara Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Bulan Bintang (PBB) masing-masing mendapatkan 2 kursi, serta PAN dan Hanura masing-masing kebagian 1 kursi.

“Tadi kan sudah selesai dilakukan proses rekapitulasi di tingkat Kota Ternate. Ada beberapa saksi mengajukan keberatan karena ada hal yang mereka belum puas,” kata Ketua KPU Kota Ternate, M. Zen A. Karim usai pleno rekapitulasi di Jati Hotel Ternate.

BACA JUGA: Rapat Pleno Kota Ternate Ricuh, Saksi Lempar Botol Air Kemasan

“Dan itu juga ruang bagi teman-teman partai politik jika dalam proses rekapitulasi ada hal yang tidak disepakati mereka bisa membuat form keberatan,” sambungnya.

Terkait dengan 30 calon anggota DPRD terpilih pada Pemilu 2024, M. Zen menyebutkan, bahwa KPU Kota Ternate baru merekap perolehan suara dan belum menetapkan calon terpilih. Penetapan itu nantinya dilakukan secara berjenjang.

BACA JUGA: Ada Unjuk Rasa di Lokasi Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 KPU Kota Ternate

“Kita baru merekap belum menetapkan siapa yang terpilih. Perolehan suara parpol atau caleg di pleno tingkat Kota Ternate ini sudah tidak bisa berubah,” ujar M. Zen.

Daftar 30 anggota DPRD Kota Ternate versi pleno KPU di 4 daerah pemilihan (dapil) Kota Ternate:

Dapil I Ternate Tengah 8 Kursi: Farijal Teng (PKB), Jamian Kolengsusu (Gerindra), Haryanto Hanadar (PDI-P), Anas U. Malik (Golkar), Nurlaela Syarif (NasDem), M. Reza Rinaldy (Demokrat), Bilhan Gamaliel (Perindo), Muzakir Gamgulu (PPP)

Dapil II Ternate Selatan-Moti 11 Kursi: Najib Hi. Talib (PKB), Nurjaya Hi. Ibrahim (Gerindra), Nurain Talib (PDI-P), Amin Subuh (Golkar), Djasman Abubakar (NasDem), Muslim Sahil (Hanura), Ridwan AR (PAN), Irawati Nurman (PBB), Junaidi A. Bahruddin (Demokrat), Ali Syarief (Perindo), Hj. Naila Ibrahim (PPP)

Dapil III Pulau Ternate-Batang Dua-Hiri-Ternate Barat 4 Kursi: Usman M. Nur (PKB), Tasman Balak (Gerindra), Bahtiar Mole (Golkar), Julfikri Hasan (NasDem)

Dapil IV Ternate Utara 7 Kursi: Mochtar Bian (PKB), Zulfikri Andili (Gerindra), Sartini Hanafi (PDI-P), Muhammad Syaiful (Golkar), Rusdi A. IM (NasDem), Marni Ahadi (PBB), dan Sundari Sofyan (Demokrat).(*)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan