KAN Lakukan Surveilan dan Witness Akreditasi di Unkhair Ternate

Tim Assesor KAN, Dr. Saptowo Jumali Pardal, Afifulloh, Kepala LP3M Unkhair, Dr. Abdul Gaus, MT, Kepala UPT. LDT, Dr. Muhammad Amin, M.Eng, serta staf UPT. LDT Unkhair Ternate. Foto: Istimewa

FALAKATA – Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan assesment surveilan ke-1, dan Witness akreditasi di Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Dasar dan Terpadu (UPT. LDT) Unkhair Ternate.

Tim assesor KAN terdiri dari Dr. Saptowo Jumali Pardal, asesor kepala dan Afifulloh sebagai anggota asesor. Turut hadir, Kepala LP3M Unkhair, Dr. Abdul Gaus, MT, Kepala UPT. LDT, Dr. Muhammad Amin, M.Eng, dan seluruh staf UPT. LDT Unkhair.

“Tujuan dari pelaksanaan surveilan ke-1 dan witness akreditasi laboratorium penguji ini untuk menilai kesesuaian penyelenggaraan laboratorium penguji dengan standar ISO/IEC 17025:2017, ” ujar Kepala UPT. LDT Unkhair Dr. Muhammad Amin dikutip dari laman resmi Unkhair Ternate.

Melalui surveilan, tim asesor berusaha memastikan UPT. LDT Unkhair Ternate terus mematuhi standar tersebut dan dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan.

Menurutnya, assesmen dilakukan berdasarkan klausul dalam ISO/IEC 17025:2017, meliputi persyaratan umum, persyaratan struktural, persyaratan sumber daya, persyaratan proses, serta persyaratan manajemen.

Selama surveilan, kata Muhammad Amin, tim asesor melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap dokumentasi, observasi langsung di laboratorium, serta wawancara kepada personel laboratorium.

“Temuan assesmen digunakan untuk memberi rekomendasi dengan tujuan meningkatkan kualitas dan kinerja laboratorium,” sambungnya.

BACA JUGA: Pensiunan ASN Hibahkan Tanah 1 Hektar ke Unkhair Ternate

Kepala UPT. LDT Unkhair, juga menekankan pentingnya komitmen seluruh personel laboratorium dalam mengikuti kegiatan asesmen dengan seksama, sehingga segera melakukan menindaklanjuti hasil surveilan.

“Pentingnya peran lembaga penilaian kesesuaian (LPK) sebagai laboratorium pengujian di Maluku Utara, khususnya dalam ruang lingkup parameter kimia/lingkungan,” ucapnya.

BACA JUGA: 314 Orang Lulus UTBK Mandiri Gelombang Kedua di Unkhair Ternate

Dosen Fakultas Teknik ini, berharap adanya koordinasi bersama Rektor Unkhair, LP3M, dan bagian lainnya di Unkhair Ternate, akan diupayakan penambahan ruang lingkup parameter uji, seperti parameter kimia dan lingkungan, yang sangat relevan dengan kebutuhan regional.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala LP3M Unkhair, Dr. Abdul Gaus, menyampaikan apresiasi kepada seluruh tim UPT. LDT atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam mempersiapkan asesmen ini.

“Surveilan ke-1 dan witness bagian dari upaya kita untuk terus meningkatkan mutu dan kredibilitas laboratorium kita. Saya mengajak seluruh tim untuk menjadikan temuan dari tim asesor sebagai bahan evaluasi dan perbaikan yang konstruktif. Dengan kerja sama dan komitmen yang kuat, saya yakin kita dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan standar yang telah kita capai,” jelasnya.

Ketua LP3M Unkhair, kolaborasi sesama unit di Unkhair sangat penting untuk mendukung upaya peningkatan ruang lingkup parameter uji yang dibutuhkan oleh masyarakat dan industri di Maluku Utara.

Dr. Saptowo Jumali Pardal, selaku asesor kepala, mengatakan UPT. LDT Unkhair, telah menunjukkan upaya yang sangat baik dalam mempersiapkan asesmen ini.

“Saya sangat mengapresiasi kerja keras dan dedikasi dari seluruh tim UPT LDT. Penting bagi laboratorium untuk terus beradaptasi dan memperbaiki sistem manajemen mutu agar selalu sesuai dengan standar ISO/IEC 17025:2017,” katanya.

UPT LDT Unkhair, diharapkan terus berkontribusi secara signifikan dalam mendukung kegiatan penelitian, pengajaran, dan layanan pengujian di Maluku Utara, serta menjaga reputasi Unkhair sebagai institusi yang unggul dalam bidang sains dan teknologi.

“Laboratorium terakreditasi dengan baik akan memberi kepercayaan lebih kepada para pengguna jasa, baik dari kalangan industri, pemerintahan, maupun akademisi. Selain itu, peningkatan ruang lingkup parameter uji juga diharapkan dapat mendukung kebutuhan pengujian yang semakin kompleks dan beragam di Maluku Utara,” tutur Saptowo.

Dr. Saptowo Jumali Pardal, berharap UPT. LDT Unkhair, terus berkembang dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan daerah dan peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui layanan pengujian yang berkualitas dan terpercaya.

Ikuti falakata.com di google news agar dapatkan berita terbaru, klik disini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan