Tiga Daerah di Maluku Utara yang Ajukan Paslon Perseorangan

Ketua KPU Maluku Utara, Mochtar Alting. Foto: FALAKATA

FALAKATA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara menyatakan terdapat tiga daerah di Maluku Utara yang ajukan pasangan calon (paslon) perseorangan untuk mengikuti Pilkada 2024.

Hal itu diutarakan Ketua KPU Provinsi Maluku Utara Mochtar Alting saat menyampaikan sambutan dalam acara Sosialisasi Tahapan Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota, Kamis (27/7/2024).

Tiga daerah yang mengajukan Paslon perseorangan tersebut di antaranya Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), dan Kabupaten Pulau Taliabu.

“Sementara ini oleh petugas kami sedang melaksanakan penelitian baik itu administrasi maupun faktual atas dukungan dari masing-masing bakal calon perseorangan,” ujar Mochtar.

BACA JUGA: Ini 20 Calon Anggota KPU Maluku Utara yang Lolos Seleksi Tertulis dan Tes Psikologi

Dalam pelaksanaan tahapan Pilkada 2024, Mochtar mengatakan bahwa KPU di tingkat kabupaten kota telah selesai atau masuk dalam tahapan pemutakhiran data pemilih.

BACA JUGA: Marshel Widianto Maju Pilkada Tangsel, Begini Respons Kiky Saputri

“Kalau kita membaca PKPU Nomor 2 Tahun 2024, pemutakhiran data pemilih masuk dalam kategori tahapan persiapan,” ungkap Mochtar.

Mochtar menyebutkan, setelah seluruh tahapan penelitian dan pencocokan data pemilih di seluruh kabupaten kota selesai, KPU Maluku Utara nantinya akan melakukan pencocokan data kembali.

“Dalam istilah kami di KPU ‘Tabrak Data’ antar kabupaten kota, sehingga kita mengetahui data pemilih tersebut,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Mochtar juga berharap agar penyelenggaraan Pilkada 2024 yaitu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota dapat berjalan aman, lancar dan damai.

Ikuti falakata.com di google news agar dapatkan berita terbaru, klik disini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan