Kecamatan Pulau Batang Dua Ternate Diguncang Gempa Bumi

Titik Lokasi Gempa Bumi di Kecamatan Pulau Batang Dua Ternate. Foto: BMKG

FALAKATA – BMKG melaporkan telah terjadi gempa bumi di Kecamatan Pulau Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara, Rabu (17/7/2024). Kejadian tersebut tersebut terjadi sekira pukul 08.39 WIT.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menyampaikan berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,4.

“Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,30° LU ; 126,11° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 110 kilometer tenggara Bitung, Sulawesi Utara pada kedalaman 12 kilometer,” beber Daryono.

Setelah memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lanjut Daryono, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas deformasi batuan dangkal pada Lempeng Laut Maluku.

BACA JUGA: Gempa Bumi Guncang Subaim Halmahera Timur

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault,” ungkapnya.

BACA JUGA: Eks Ketua DPD Partai Gerindra Maluku Utara Ditangkap KPK

Gempa yang mengguncang Kecamatan Pulau Batang Dua Ternate itu berdampak dan dirasakan di daerah Manado, Minahasa, Minahasa Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Bitung, Tomohon , Ternate, Sitaro, Bolaang Mongondow Timur dengan skala intensitas III MMI.

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Daryono pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” pungkasnya.

Ikuti falakata.com di google news agar dapatkan berita terbaru, klik disini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan