5 Manfaat Buah Pisang Bagi Ibu Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil. Foto: Getty Images/Oscar Wong

FALAKATA – Kesehatan ibu hamil merupakan hal yang paling penting bagi reproduksi dan pertumbuhan bayi. Artinya, jika ibu hamil sehat, maka bayi yang dikandungnya pun juga ikut sehat serta kuat.

Pada artikel kali ini, kami akan membagikan 5 manfaat buah pisang bagi ibu hamil. Sebab, kehamilan merupakan masa-masa khusus dan berharga bagi seorang wanita.

Dengan demikian, begitu pentingnya untuk menjaga kesehatan seorang ibu, terutama apa yang dia konsumsi, karena dengan mengonsumsi makanan yang sehat maka si bayi pun ikut sehat.

Kenapa ibu hamil harus konsumsi buah pisang? Dalam artikel yang ditulis Diki Retno Yuliani, Erni Juniartati ddk berjudul Launching Gempita Bumil Gerakan Makan Pisang dan Jalan Pagi Teratur Bagi Ibu Hamil menyebutkan, kalau buah pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Jika ibu hamil mengalami tekanan darah maka akan berisiko pada gagal jantung pada ibu hamil itu sendiri. Selain itu konsisi  itu juga rentan terjadi preeklamsia atau kondisi dimana darah mengalami perubahan kimia dan biokimia, sehingga dapat memengaruhi keselamatan ibu dan bayi.

BACA JUGA: 29 Juta Penduduk Indonesia Masuk Kategori Lansia

Untuk mencegah hal tersebut, berikut 5 manfaat buah pisang dan beberapa kegunaannya bagi ibu hamil yang perlu diketahui:

1. Meningkatkan Kesuburan

Pisang mengandung kalium yang berfungsi sebagai stimulan untuk meningkatkan keseimbangan cairan tubuh. Bahasa Indonesia: KESUMBANGAN akan terjamin jika tubuh memiliki cairan yang seimbang, sehingga ibu hamil tidak mudah mengalami dehidrasi.

2. Membantu Mengurangi Tekanan Darah

Pisang juga mengandung kalium, yang berfungsi sebagai penurun tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat menjadi salah satu masalah kesehatan bagi ibu hamil, tetapi dengan mengkonsumsi pisang, tekanan darah dapat stabil.

3. Mengatasi Masalah Pernafasan

Pisang mengandung gas alam yang bermanfaat untuk mengatasi kesulitan pernafasan pada ibu hamil. Gas alam ini juga membantu mengurangi risiko terjadinya hipoksia (kurangnya oksigen) pada janin.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pisang kaya akan vitamin C dan vitamin B6 yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, ibu hamil tidak mudah terkena penyakit dan dapat tetap sehat selama masa kehamilan.

5. Mengatasi Nafsu Makan

Pisang juga bermanfaat sebagai penstabil nafsu makan. Ibu hamil yang nafsu makannya tidak stabil dapat mengonsumsi pisang sebagai salah satu pilihan makanan.

Ikuti falakata.com di google news agar dapatkan berita terbaru, klik disini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan