Jemaah Haji Maluku Utara Meninggal Dunia di Makassar

Almarhum Noh Ibrahim Abas. Foto: Istimewa

FALAKATA – Kabar duka datang dari jemaah haji asal Provinsi Maluku Utara. Jemaah haji kloter 13 asal Kabupaten Halmahera Selatan bernama Noh Ibrahim Abas meninggal dunia di RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Sulawesi Selatan.

Almarhum dilaporkan menghembuskan nafas terakhirnya di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar pada Rabu (10/7/2024) sekira pukul 17:40 WITA. Beliau yang tergabung dalam kloter 13 mulai pemulangan dari Arab Saudi pada 3 Juli 2024 kemarin.

Menurut laporan dari tim kesehatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Maluku Utara dr Fatir M. Nasir seperti diberitakan Kemenag Malut menyebutkan, bahwa almarhum Noh Ibrahim dirujuk ke RS Wahidin Sudirohusodo karena mengalami sesak napas, hipertensi dan kesadaran menurun.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku Utara, H. Amar Manaf, menyampaikan belasungkawa dan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya jemaah haji asal Kabupaten Halmahera Selatan tersebut.

BACA JUGA: Jemaah Calon Haji Mulai Bertolak 12 Mei

“Atas nama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku Utara saya sampaikan turut berdukacita atas meninggalnya almarhum Noh Ibrahim Abas,” ujar Amar Manaf.

BACA JUGA: Walikota Sambut Kedatangan 55 Jemaah Haji Kota Ternate

“Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT, dosanya diampuni dan ibadah haji yang telah beliau laksanakan diterima Allah SWT dan menjadi haji yang mabrur, serta keluarga yang ditinggal diberi ketabahan dan kesabaran semoga ujian ini menjadikan kita semua sebagai hamba yang ikhlas dan sabar dalam menerima setiap ujian dari Allah SWT,” sambungnya.

Amar Manaf juga menginstruksikan kepada Kakankemenag dan Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kabupaten Halmahera Selatan agar segera melakukan pengurusan terkait pemulangan almarhum ke kampung halaman dan menyampaikan belasungkawa secara langsung ke pihak keluarga.

Dari laporan yang diterima Kemenag Maluku Utara dari Bakri salah satu PPIHD yang ditugaskan untuk menjaga jemaah yang sakit di Makassar menyampaikan, pemulangan sementara masih dilakukan negosiasi dengan pihak maskapai dan direncanakan diberangkatkan Kamis (11/7/024) pagi pukul 08.00 WITA menuju Ternate.

“Dari Ternate kemudian almarhum selanjutnya akan dipulangkan ke rumah duka di Kabupaten Halmahera Selatan untuk persiapan proses pemakaman,” ujar Bakri sebagaimana dilaporkan di laman resmi Kemenag Maluku Utara.

Ikuti falakata.com di google news agar dapatkan berita terbaru, klik disini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan