FALAKATA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Geofisika Kelas III Ternate melaporkan telah terjadi gempa bumi di Subaim, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara.

Kepala Stasiun Geofisika Manado, Sulawesi Utara Tony Agus Wijaya mengatakan, gempa bumi terjadi sekitar pukul 22.50 WIT berpusat di Subaim dan Wasile, Kabupaten Halmahera Timur.

Ia menyampaikan, hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi tersebut memiliki parameter M4,3 dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.11 LU dan 128.28 BT.

“Atau tepatnya berlokasi 31 kilometer Barat Daya Halmahera Timur pada kedalaman 10 kilometer,” ungkap Tony dalam keterangan resminya yang diterima Selasa (9/7/2024) malam WIT.

BACA JUGA: Maluku Utara Diguncang Gempa, Cek Lokasinya

Tony melanjutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

BACA JUGA: Kebakaran di Sangaji Ternate, Tiga Orang Alami Luka Bakar

Berdasarkan laporan masyarakat, kata dia, gempa bumi ini dirasakan di Halmahera Timur dengan intensitas II-III Modified Mercalli Intensity (MMI).

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi tersebut,” ujarnya.

Tony mengimbau kepada masyarakat di wilayah Subaim, Halmahera Timur dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” pungkasnya.

Ikuti falakata.com di google news agar dapatkan berita terbaru, klik disini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan