2.036 Calon Mahasiswa Baru Ikut UTBK-Mandiri di Unkhair Ternate

Peserta UTBK-Mandiri Unkhair Ternate. Foto: Istimewa

FALAKATA – Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Maluku Utara telah melaksanakan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) jalur Mandiri gelombang pertama, pada, Sabtu (29/6/2024) kemarin.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru UTBK jalur Mandiri di Unkhair Ternate berlangsung selama lima hari, yang dimulai pada 25 Juni hingga 29 Juni 2024 yang terbagi dalam 9 sesi.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan (BAKP) Unkhair Ternate, Nur Dewi Rizka menyampaikan, pelaksanaan UTBK jalur Mandiri untuk gelombang pertama berlangsung aman, dan lancar.

“Alhamdulillah, mulai pelaksanaan UTBK-Mandiri hingga berakhirnya seleksi, tidak ada gangguan listrik, maupun internet sehingga pelaksanaan UTBK jalur Mandiri berlangsung lancar,” kata Nur Dewi seperti dilansir dari laman resmi Unkhair, Senin (1/7/2024).

Nur Dewi menyebutkan, calon mahasiswa yang mengikuti seleksi UTBK-Mandiri sebanyak 2.036 peserta, sementara selama lima hari tidak hadir mengikuti pelaksanaan seleksi berjumlah 169 peserta, dari jumlah total sesuai rekapan UTBK-Mandiri 2.205 orang.

BACA JUGA: Peserta yang Lulus UTBK-SNBT 2024 di Unkhair Ternate Wajib Lakukan Ini

“Jumlah tak hadir tersebut ternyata ada beberapa peserta sudah dinyatakan lulus mengikuti Ujian Tes Berbasis Komputer pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) lalu, yang kembali mendaftar ke jalur Mandiri, “ ungkapnya.

Ia mengatakan, melalui penerimaan mahasiswa baru jalur Mandiri ini bertujuan membuka kesempatan kepada calon mahasiswa, dan masyarakat umumnya untuk masuk menjadi mahasiswa di Unkhair Ternate, sehingga kelak bisa berkontribusi dalam meningkatkan dunia pendidikan.

BACA JUGA: Mau Sekolah di MTs Negeri 1 Kota Ternate? Simak Syarat Pendaftarannya

“Kami membuka UTBK jalur Mandiri guna memberi kesempatan kepada generasi untuk berpotensi dapat menempuh pendidikan pada Program Studi (Prodi) pilihan mereka dalam menggapai cita-citanya, baik menjadi dokter, maupun guru,” katanya.

Diketahui, pelaksanaan test sesi 9 atau sesi terakhir, pada Sabtu (29/6/2024) kemarin, diikuti 189 peserta, sesi ini menggunakan sebanyak 7 laboratorium komputer.

Di antaranya, Laboratorium Fakultas Teknik, Laboratorium Komputer Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 1, Laboratorium Komputer FEB 2, Laboratorium Komputer FEB 3, Laboratorium Komputer Fakultas Hukum, dan Laboratorium Komputer Fakultas Kedokteran.

Untuk diketahui, UTBK-Mandiri juga kembali dibuka pendaftaran pasca pengumuman gelombang pertama jalur Mandiri pada 8 Juli 2024, sehingga bagi calon mahasiswa yang belum lolos di gelombang pertama, akan diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi kembali.

Akan tetapi, pada gelombang kedua nantinya hanya pada Prodi yang belum memenuhi kuota, yakni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Ilmu Budaya (FIB), dan beberapa Prodi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Ikuti falakata.com di google news agar dapatkan berita terbaru, klik disini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan